twitter

SELAMAT DATANG DI BLOG MOCHAMMAD UBAIDILLAH SEMOGA BERMANFAAT. TERIMA KASIH

Rabu, 28 November 2012

Cara Menggunakan Internet Sehat dan Aman


Cara Menggunakan Internet Sehat dan Aman

Cara Menggunakan Internet Sehat dan Aman - Internet sehat dan aman adalah impian semua orang tua, karena hampir semua anak di negeri ini sudah menggunakan internet sebagai media pembelajarannya. Seakan-akan internet sudah menjadi ensiklopedia baru bagi anak. Filter kontennyapun tidak / belum bisa di antisipasi seutuhnya. Maka dari itu, ada sedikit tips dann trik tentang cara menggunakan internet sehat dan aman.




1. Gunakan hotspot internet hanya untuk menjelajahi (surfing) web saja. Jangan melakukan transaksi bisnis atau pekerjaan yang berhubungan dengan proyek apalagi jika transaksi tersebut mengharuskan Anda untuk menginputkan informasi penting tentang perusahaan.

2. Jangan melakukan transaksi online banking ataupun yang berkaitan dengan kartu kredit sampai Anda benar-benar yakin bisa menggunakan koneksi yang aman. Melakukan transaksi perbankan hanya akan mengundang bahaya, karena risiko informasi account Anda disadap semakin besar.

3. Jangan melakukan transaksi belanja online atau melakukan transaksi yang mengharuskan Anda memberikan informasi kartu kredit atau akun bank, termasuk di antaranya pemesanan hotel dan pembelian tiket pesawat.

4. Putuskan segala koneksi jaringan komputer ataupun file sharing saat menggunakan hotspot internet wireless. Sebab, hacker bisa mendapatkan informasi dari komputer yang terhubung ke jaringan.

5. Gunakan firewall untuk memproteksi komputer dari serangan pihak yang tidak berwenang. Fungsi firewall adalah sebagai benteng pengaman yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda (jaringan lokal dengan jaringan internet). Dengan adanya firewall, informasi yang keluar atau masuk harus melalui firewall ini sehingga paket data yang masuk atau keluar jaringan dapat dijaring.

6. Jika tidak digunakan, matikan koneksi wireless network komputer Anda (disable) bila Anda sedang berada di area publik yang di sekitarnya terdapat koneksi internet wireless.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal